Sebenernya ini ilmu lama tapi tak apa, yang namanya ilmu kan gada yang kadaluarsa.. betul gak??
ilmunya tentang mempercepat kinerja komputer. dahulu sekali sewaktu aku masih jahiliyyah aku mendapat info kalo mau komputer bekerja lebih cepat, salah satunya dengan menghapus file-file yang ada di folder prefetch karena ia mengkonsumsi space memory di system katanya, tanpa pikir panjang langsung aja aku lakuin tanpa tau apa itu prefetch. Ternyata setelah beberapa waktu aku dapat info lagi ternyata itu adalah salah besar karena sebenarnya prefetch itu sangat dibutuhkan oleh sistem, ini nih alasannya :

Folder prefetch adalah folder yang diciptakan oleh system windows, isi dari folder ini berupa file-file berekstensi .pf yang dibentuk atau dibuat saat anda menjalankan aplikasi, disebut juga trace file. Trace files ini mencatat proses booting atau start aplikasi, file-file apa saja yang dibutuhkan untuk di-load ke memory. Loading aplikasi hanya terjadi saat booting atau aplikasi di jalankan. Dan yang di-load adalah berupa file-file yang dibutuhkan untuk proses booting atau menjalankan aplikasi, bila aplikasi yang tidak dijalankan tidak akan di load oleh system. Prefetch folder memiliki maksimum 128 trace file. Secara otomatis Windows akan menghapus trace file yang sudah tidak dibutuhkan.
Saat ini aku pake windows xp, kurang tau kalo di OS lain apa ada yaa folder prefetch, kalo di windows posisinya ada di “C:\WINDOWS\Prefetch”. Nah dengan tidak menghapus file-file di dalam folder prefetch Insya Alloh kinerja komputer Agan akan lebih cepat, khususnya ketika membuka aplikasi. Mungkin untuk yang pertamanya akan sedikit lama tapi kedua dan seterusnya akan sangat mudah sekali karena system tidak perlu mencari dulu apa yang harus di load karena sudah ada catatannya.
Kalo dalam kehidupan nyata folder prefetch seperti peta ketika kita mengunjungi suatu tempat yang asing mungkin kita akan kesulitan tapi ketika kedua kali dan seterusnya kita akan mudah karena peta jalannya sudah tertulis di ingatan kita. Nah kalo dalam berinternet folder prefetch sama dengan chace brows jadi chace brows juga jangan di hapus yaa..